Sabtu, 30 Maret 2013

INDUKTIF



Penalaran induktif adalah proses penalaran yang bertolak dari peristiwa yang sifatnya khusus menu ju pertanyaan umum.
Ciri-ciri paragraph induktif :
  1. Letak kalimat utama  di akhir paragraph.
  2. Diawali dari penjelasan khusus kemudian diakhiri dengan penjelsaan umum.
Generalisasi adalah proses penalaran yang bertolak dari fenomena individual menuju kesimpulan umum.
Macam-macam Generalisasi :
  • Generalisasi Sempurna, dimana seluruh fenomena yang menjadi dasar penyimpulan diselidiki.
  • Generalisasi Tidak Sempurna, yaitu kesimpulan diambil dari sebagian fenomena yang diselidiki diterapkan juga untuk fenomena yang belum diselidiki.
  • Prosedur Pengujian Generalisasi Tidak Sempurna, dapat menghasilkan kebenaran apabila melalui prosedur pengujian yang benar.
Paragraf Analogi merupakan proses penalaran yang berdasarkan pada pembagian dan terhadap sejumlah gejala khusus yang memiliki kesamaan, kemudian ditarik kesimpulan. Paragraph ini juga susah untuk dimengerti.
HIPOTESIS DAN TEORI
Hipotesis atau hipotesa adalah jawaban sementara terhadap masalah yang masih bersifat praduga karena masih harus dibuktikan kebenarannya.Teori adalah azas-azas yang umum dan abstrak yang diterima secara ilmiah dan sekurang-kurangnya dapat dipercaya untuk menerangkan fenomena-fenomena yang ada. Hipotesis merupakan suatu dugaan yang bersifat sementara mengenai sebab-sebab atau relasi antara fenomena-fenomena, sedangkan teori merupakan hipotese yang telah diuji dan yang dapat diterapkan pada fenomena-fenomena yang relevan atau sejenis.
Hubungan kausal adalah pola penyusunan paragraf dengan menggunakan fakta-fakta yang memiliki pola hubungan sebab-akibat. Misalnya, jika hujan-hujanan, kita akan sakit kepala atau Rini pergi ke dokter karena ia sakit kepala. Ada tiga pola hubungan kausalitas, yaitu sebab-akibat, akibat-sebab, dan sebab-akibat 1 akibat 2.
Macam-macam Hubungan Kausal :
  • Sebab - Akibat
  • Akibat - Sebab
  • Akibat - Akibat
Argumentasi dan Narasi, Gorys Keraf
http://id.wikipedia.org/wiki/Hipotesis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar