Senin, 24 Desember 2012

GRAFKOM dan PENGOLAHAN CITRA



GRAFIK KOMPUTER
Suatu proses penciptaan citra yang berasal dari data deskripsi objek maupun latar belakang yang terkandung di dalamnya.
Contohnya : web design, cartoon, animasi, video games, virtual reality (VR).
PENGOLAHAN CITRA
1.konvesi, rotasi, skala.
Yaitu memperbaiki kualitas dari citra.
2.melakukan pemilihan citra (selection).
3.melakukan proses penarikan informasi dan citra.
Contohnya : DCR:e.doc
4.kompresi untuk mereduksi data.
Contoh : OCR, Rontegen (X-Ray), pemindaian jarak jauh (radar).
KOMPUTER VISI
Yaitu proses automasi untuk semua proses, pengolaha citra, klasifikasi, recognition untuk pengambilan keputusan.
Contohnya : speech recognition, antivisial intelegent, expert system.
1960 : William Fetter digunakan untuk perancangan cockpit pesawat terbang.
*masukan/input : scanner, pentoolis, mouse, keyboard, tablet, stylus,dll.
*proses : CPU, memory, dan HRD.
*keluaran/input : printer, monitor, proyektor, dll.
-SEJARAH GRAPH KOMPUTER-
1. 1961 : model simulasi satelit, Edward Zojac.
2. 1963 : alat menampilkan vektor, Sotherland (MIT).
3. 1972 : film animasi westwood
4. 1977 : film starwar.
5. 1989 : toy story.
6. 1900-an : ilmu pengetahuan kedokteran, artistic rendering .
7. 2000-an : hardware untuk realtime photo realistic rendering
HK.MOORE : Perkembangan eksponensial prosesor (tek.komputer)
Revolusi environment
1.       Mainframe
2.       Client server
3.       Thin client
4.       Cloud computing.

s sumber : Arsip data pribadi dan fotokopian dari dosen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar