suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, dan artistikdan bahkan struktur abstrak.
Istilah "Grafik Komputer" ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : Pembentukan desain model cockpit (boeing)dengan menggunakan pel plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi.
Pengguna mengendalikan isi, struktur dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback.
Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif, yaitu :
- Masukkan : mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream, dll.
- Proses dan Penyimpanan
- keluaran : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linier editor, dll.
KONTEKS GRAFIK
GRAFIK sebagai kunci kemampuan teknologi dalam evolusi lingkungan komputasi.
- Graphical User Interfaces (GUI)
- Komputasi Visual, contoh : desktop publishing, visualisasi scientific, visualisasi informasi
#Setiap 12-18 bulan, kemampuan komputer meningkat dua kali lipat dalam hal harga/performance
#Hukum Moore : -3 Com Palm Organizers, Compaq I-Paq sebagai PC utuh
-Hallmark singing card, LeepFrog Pad
#Memory Grafik dan kecepatan jaringan meningkat secara eksponensial
-Graphics chips meningkat setiap 6-9 bulan (contoh : Sony Playstation 2, nVidia GeForce FX, Nintendo Gamecube)
Sumber : Arsip Pribadi : Fotokopian dan Catatan dari Dosen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar