Jumat, 03 Januari 2014

Sejarah Kertas Part 2

Tercatat dalam sejarah adalah peradaban China yang menyumbangkan kertas bagi dunia.Adalah Tsai Lun yang menemukan kertas dari bahan bamboo yang mudah didapat di seantero China pada rahun 1012 Masehi. Penemuan ini akhirnya menyebar ke Jepang dan Korea seiring menyebarnya bangsa-bangsa China ke timur dan berkembangnya peradaban di kawasan itu meskipun pada awalnya cara pembuatan kertas merupakan hal yang sangat rahasia.
Pada akhirnya, teknik pembuatan kertas tersebut jatuh ketangan orang-orang Arab pada masa Abbasiyah terutama setelah kalahnya pasukan Dinasti Tang dalam Pertempuran Sungai Talas pada tahun 751 Masehi dimana para tawanan-tawanan peras mengajarkan cara pembuatan kertas kepada orang-orang Arab sehingga di zaman Abbsiayah, muncullah pusat-pusat industry kertas baik di Baghdad maupun Samarkand dan kota-kota industry lainnya, kemudian menyebar ke Italia dan India lalu Eropa khusunya setelah Perang Salib dan jatuhnya Grenada dari bangsa Moor ke tangan orang-orang Spanyol serta ke seluruh dunia.
Penemu bahan kertas Ts’ai Lun (± 105) besar kemungkinan sebuah nama yang asing kedengarannya di kuping pembaca. Memandang betapa penting penemuannya, bagaimana dia diabaikan di Dunia Barat merupakan sesuatu yang sangat mengejutkan.Ada ensiklopedi besar yang bahkan tidak memiliki satu artikel kecil sekali pun tentang Ts’ai Lun, dan namanya jarang disebut dalam buku-bukuteks sejarah standar.Memandang pentingnya kertas, tidak adanya rujukan tentang Ts’ai Lun mungkin membangkitkan kecurigaan bahwa dia tokoh yang keautentikannya diragukan.Tapi, Riset yang diteliti memastikan bahwa Ts’ai Lun benar-benar ada, seorang pejabat di balairung kekaisaran Cina yang—pada atau sekitar tahun 105—mempersembahkan contoh kertas kepada Kaisar Ho Ti.
Penggunaan kertas meluas di seluruh Cina pada abad ke-2, dan dalam beberapa abad saja Cina sudah sanggup mengekspor kertas ke negate-negara Asia. Lama sekali Cina merahasiakan cara pembikinan kertas ini. Di tahun 751, apa lacur, beberapa tenaga ahli pembikin kertas tertawan oleh orang-orang Arab sehingga dalam tempo singkat kertas sudah diproduksi di Baghdad dan Samarkand. Teknik pembikinan kertas menyebar ke seluruh dunia Arab dan baru abad ke-12 orang-orang Eropa belajar teknik ini.Sesudah itulah pemakaian kertas mulai berkembang luas dan sesudah Gutenberg menemukan mesin cetak modern, kertas menggantikan kulit kambing sebagai sarana tulis-menulis di Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar